Jumat, 27 Mei 2016

6 Jenis Tanaman yang Ampuh Mengusir Nyamuk dan Serangga Lainnya

6 Jenis Tanaman yang Ampuh Mengusir Nyamuk dan Serangga Lainnya


Apa anda termasuk orang yang anti serangga? Nyamuk, lalat atau serangga lain, misalnya?
tanaman hias pengusir nyamuk rosemary, jual tanaman pengusir nyamuk, tanaman pengusir nyamuk alami, tanaman hias, tanaman obat keluarga, tanaman obat tanaman pengusir nyamuk indoorUntuk memerangi mereka, bukan berarti kita mesti melapisi diri dengan terus-menerus menggunakan lotion anti serangga. Atau, bukan juga dengan menyemprotkan anti serangga cair pada tubuh. Sebab, ternyata ada beberapa tanaman yang bisa membantu. Selain jadi penghias di taman atau kebun belakang, mereka juga ampuh mengusir serangga.
Essential oil pada tanaman-tanaman ini bisa jadi pengusir serangga yang alami. Sebab, makhluk kecil yang cukup mengganggu itu cenderung menghindarinya. Meski demikian, keberadaan tanaman-tanaman ini tidak menjamin kebun bakal bebas serangga sama-sekali.
Dr. Bodie Pennisi, dari Univeritas Griffin Georgia, mengatakan kalau konsentrasi minyak yang terkandung dalam tanaman tidak tersedia untuk perlindungan. Serangganya bisa jadi berkurang, namun belum ada penelitian tentang berapa banyak tanamannya serta sedekat apa ditanamnya, agar lebih efektif mengusir serangga. Salah-satu usaha terbaik yang bisa dilakukan orang untuk mencegah pertumbuhan nyamuk yaitu, mencegah air menggenang, tempat di mana mereka berkembang-biak.
Tanaman apa saja? Jom!
Tanaman Herbal
1. Basil / Kemangi
tanaman pengusir nyamuk dalam rumah, tanaman pengusir nyamuk alami, tanaman pengusir nyamuk indoor, tanaman pengusir nyamuk kemangi
Tanaman yang bisa jadi santapan ini ternyata ampuh mengusir nyamuk dan lalat. Tanam basil dalam wadah di dekat pintu atau area luar rumah. Anda juga bisa membuat spray dari basil segar. Tuangkan  4 ons air mendidih dalam 4 sampai 6 ons daunnya. Biarkan dulu selama beberapa jam, lalu tuangkan 4 ons vodka dengan air basil tersebut. Simpan di kulkas dan cairan itu pun bisa disemprotkan. Dengan catatan, jangan sampai mengenai mata, mulut dan hidung anda.
2. Lavender
bunga lavender photo, maksud bunga lavender, bunga lavender vessel, cara menanam bunga lavender, bunga lavender pengusir nyamuk, manfaat bunga lavender arti bunga lavender
Sudah lama tanaman ini digunakan untuk pengharum ruangan atau lemari pakaian. Aromanya yang disukai manusia ternyata malah dibenci serangga seperti lalat, nyamuk, kutu dan ngengat. Tanam lavender di kebun yang terkena cahaya matahari atau di jalan masuk menuju rumah. Anda juga bisa menggunakan minyaknya sebagai pengusir nyamuk alami. Oleskan saja pada kulit ketika hendak ke kebun. Tak perlu khawatir, sebab minyak lavender malah bagus untuk kulit. Ia juga bisa memberi sensasi tenang yang mampu memengaruhi kualitas tidur juga.
3. Lemongrass
tanaman serai pengusir nyamuk, makalah sereh, artikel tanaman sereh, manfaat tanaman sereh, pengertian tanaman sereh, tanaman obat sereh, tanaman sereh wangi, tanaman serai komersial
Yang satu ini mampu mengusir nyamuk. Dalam satu musim, ia bisa tumbuh tinggi sampai 4 kaki dan lebarnya 3 kaki. Tanaman sejenis rumput ini terdapat di Florida Selatan. Ia bisa ditanam dalam pot atau di tanah, dengan kondisi drainase air yang baik. Selain aromanya, ia juga bisa jadi bahan masakan. Orang Asia biasa menyebutnya dengan lemongrass dan orang sunda menyebutnya sereh.





4. Lemon thyme

lemon thyme recipes, cooking with lemon thyme, lemon thyme care, lemon thyme uses, lemon balm, lemon thyme chicken, lemon thyme substitute, growing lemon thyme
Tanaman herbal yang satu ini bisa beradaptasi di daerah berbatu, kering atau di area yang tanahnya keras, selama daerah tersebut terkena sinar matahari. Namun ia tidak bisa mengusir nyamuk dengan sendirinya. Kita mesti menggosok atau mememarkan daun. Lalu mengusapkannya pada tangan.
5. Mint
daun mint wikipedia, daun mint khasiat, daun mint beli dimana, ciri-ciri daun mint,cara menanam daun mint , bibit daun mint, cara mengolah daun mint, daun mint untuk jerawat
Tanaman mint lebih baik ditanam di dalam pot, ketimbang di tanah. Sebab, tanaman ini menyebar dengan cukup agresif, sehingga kalau di tanah, ditakutkan ia akan sulit dicabut. Mint ini selain untuk minuman, juga bisa dipakai untuk mengusir nyamuk. Aromanya ada dalam daun, tangkai dan bunganya. Minyak beraromanya bisa dicampur juga dengan cuka apel atau vodka untuk mengusir nyamuk.
6. Rosemary
tanaman hias pengusir nyamuk rosemary, jual tanaman pengusir nyamuk, tanaman pengusir nyamuk alami, tanaman hias, tanaman obat keluarga, tanaman obat tanaman pengusir nyamuk indoor
Rosemary tersedia dengan berbagai bentuk. Ia bisa tumbuh di wadah, semacam hiasan piramida, kebun tanaman herbal dsb. Selain dijadikan aroma penyedap makanan, tanaman ini juga bisa mengusir nyamuk serta serangga yang membahayakan bagi tanaman. Kita bisa membuat spray dari tanaman ini. Didihkan sekitar rosemary kering dalam air selama 20-30 menit lamanya. Diamkan di wadah dan simpan dalam kulkas. Ketika bau cairan rosemary itu sudah tidak kentara, lebih baik buang saja.
Tanaman Herbal Lain
  • Daun Bay: daun ini bisa mengusir nyamuk.
  • Chives: tanaman ini mengusir kumbang perusak dari Jepang, kumbang penghisap dan lalat wortel.
  • Dill: mengusir kumbang penghisap, laba-laba, cacing tanduk pada tomat, dst.
  • Fennel: mengusir kumbang, keong, dst.
  • Lemon balm: mengusir nyamuk.
  • Oregano: mengusir beberasa serangga.
  • Parsley: mengusir kembang asparagus.
  • Thyme: mengusir belatung kubis, lalat putih, cacing tanduk pada tomat, dst.

Load disqus comments

0 komentar